Keluar dari Zona Aman

Jum'at, 19 Juni 2015 - 09:24 WIB
Keluar dari Zona Aman
Keluar dari Zona Aman
A A A
Malam ini sebanyak 12 kontestan X Factor Indonesia seasons 2 ditantang membawakan lagu di luar dari zona nyaman (comfort zone ). Para juri atau mentor meminta mereka untuk eksplore kemampuan dan tidak berkutat pada karakter vokal dan genre yang sudah menjadi ciri khas masing-masing.

Tantangan itu membuat 12 peserta tersisa tegang dan begitu serius saat latihan di studio Republik Cinta Manajemen milik Ahmad Dhani, kawasan Pondok Indah, Jakarta. Tegang lantaran mereka harus bisa mengerti arahan dari mentor untuk tampil lebih baik dan harus hafal lirik. Sementara keseriusan latihan yang dilakukan agar mereka mampu memberi penampilan maksimal di babak Gala Live Show 2 X Factor yang ditayangkan RCTI secara live , pukul 21.00 WIB.

Saat latihan semua kontestan mendapat bimbingan langsung dari para mentor masing-masing kategori. Mereka belajar memperbaiki penampilan, seperti kekuatan vokal atau aksi di atas panggung, termasuk koreografi. Jad n Sugy beberapa kali mengulang lagu yang dinyanyikan lantaran para personelnya harus berbagi suara. Tak heran jika saat latihan suasana begitu tegang.

Di antaranya ada yang terus membaca teks lagu, ada pula yang mendengarkan lagu demi menghayati lagu yang akan dinyanyikan nanti. Apa yang dilakukan Jad n Sugy ini tak lepas dari penampilan mereka yang minggu lalu berada di posisi dua terbawah. Mereka sadar, jika tidak ingin tersisih, harus benar-benar memperbaiki penampilan. Kontestan kategori grup yang digawangi Ismi, Nancy, dan Atik ini begitu serius berlatih dan selalu mendengar masukan dan saran yang diberikan Rossa.

Pelantun Tegar ini selalu menekankan kekuatan vokal, harmonisasi, dan stage act . Teh Ocha, sapaan akrab Rossa, akan memberikan tantangan berbeda untuk grup asal Makassar ini. Mereka diminta menyanyikan tembang Heart Attack milik Demi Lovato. Tentu menjadi tantangan sulit, lantaran karakternya yang beda dengan lagu up beat .

“Lagunya berbeda dari lagu yang biasa kami bawakan selama ini, tapi kami sudah punya persiapan cukup, termasuk dari segi koreografi yang berbeda. Kami akan tampilkan hasil yang lebih maksimal lagi. Jadi, semua bisa lebih menonjolkan kekuatan vokal, koreo stage age . Semoga jadi senjata ampuh bagi kami untuk terus bertahan dan tidak berada di posisi dua terbawah lagi,” kata Atik.

Minggu lalu, saat menyanyikan tembang Dealova yang dipopulerkan Once Mekel, sebetulnya Jad n Sugy tampil bagus, hanya vokal mereka belum tergali. Terlebih, mereka sebagai kelompok vokal sehingga para juri sepakat kekuatan mereka harus lebih menonjol. Peserta lain pun berusaha untuk lebih baik lagi. Aldy Saputra yang mendapat banyak kritik membangun pada minggu lalu lantaran vokalnya dinilai datar saja, berusaha bertahan di kategori boys .

Dia berusaha menerima tantangan dari mentor Afgan (girls ) dan Rossa (grup). Untuk penampilannya malam ini, Aldy lebih memilih untuk memberi kejutan di atas panggung. Dia berusaha memberikan yang terbaik untuk lagu yang akan dinyanyikannya. Sementara Ahmad Dhani menantang Sule untuk berani menyanyikan lagu bergenre Electronic Dance Music (EDM) yang jauh dari karakternya.

Sule yang kental dengan rock n roll ini harus bisa memberi sesuatu yang berbeda untuk musik EDM. Dia akan menyanyikan lagu bergenre EDM dari era 2000-an milik Zedd berjudul Stay The Night. “Awalnya membingungkan karena lagu yang diberikan Mas Dhani itu genrenya jauh dari karakter vokal yang biasa aku tampilkan selama ini.

Aku enggak pernah bawa lagu ajep-ajep (EDM), tetapi aku coba , malah membuat aku percaya diri dan lebih yakin lagi tampil di panggung Gala Show 2 ,” kata pria yang disebut memiliki karakter suara seperti Chris Cornell, vokalis band Audioslave ini.

Thomasmanggalla
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0904 seconds (0.1#10.140)